Rabu, Juli 16, 2008

KUIS PRA UAS

ATURAN:

  1. JAWABAN DITULIS TANGAN SENDIRI, DI KERTAS FOLIO BERGARIS, TIDAK BOLEH DI KETIK/DIPRINT.
  2. DIKUMPULKAN TANGGAL 23 JULI 2008, DI KELAS PADA SAAT SEBELUM MENGERJAKAN SOAL UAS.


TAHAPAN:

  1. BERDOALAH SEBELUM MENGERJAKAN
  2. KERJAKAN 1 SOAL SETIAP BAB, PILIHLAH YANG PALING MUDAH MENURUT SAUDARA.
  3. TOTAL SOAL YANG SAUDARA KERJAKAN ADALAH 5 SOAL, KARENA ADA 5 BAB.
  4. BOBOT NILAI TIAP SOAL TIAP BAB ADALAH SAMA.


SOAL:

BAB: INFLASI
DARI 3 SOAL
DI BAWAH INI, KERJAKAN 1 SAJA YANG PALING MUDAH MENURUT SAUDARA:

  1. Apakah yang dimaksud dengan Inflasi? Berikan penjelasan, 1 saja dari 3 metode yang umum digunakan untuk mengukur Inflasi.
  2. inflasi dapat berasal dari tekanan dalam negeri maupun tekanan luar negeri (imported Inflation). Jelaskan pengertian tekanan luar negeri hingga menyebabkan inflasi.
  3. Dari Laporan Tahunan 2007 oleh Bank Indonesia (Laporan Perekonomian Indonesia 2007), ”Bab 5 tentang Perkembangan Inflasi” (Dapat di akses di www.bi.go.id ->Publikasi -> Laporan Tahunan->Laporan Perekonomian Indonesia Tahun 2007), disebutkan bahwa inflasi tahun 2007 relatif stabil. Jelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi kestabilan inflasi tahun 2007 tersebut.

BAB: PENGANGGURAN
DARI 3 SOAL
DI BAWAH INI, KERJAKAN 1 SAJA YANG PALING MUDAH MENURUT SAUDARA:

  1. Jelaskan definisi pengangguran terbuka, setengah pengangguran terpaksa, dan setengah pengangguran sukarela.
  2. Gambarkan diagram struktur penduduk usia kerja di Indonesia. (Tidak usah jumlahnya)
  3. Dari Laporan Tahunan 2007 oleh Bank Indonesia (Laporan Perekonomian Indonesia 2007), ”Bab 2 tentang Kondisi Makroekonomi” (Dapat di akses di www.bi.go.id), disebutkan kondisi ketenagakerjaan Agustus 2007.Bagaimanakah perkembangan angkatan kerja, jumlah penduduk yang bekerja dan tingkat pengangguran terbuka Agustus 2007, jika dibandingkan dengan Agustus 2006.

BAB: KEBIJAKAN FISKAL
DARI 3 SOAL
DI BAWAH INI, KERJAKAN 1 SAJA YANG PALING MUDAH MENURUT SAUDARA:

  1. Jelaskan pengertian kebijakan fiskal, dan sebutkan 2 saja upaya pengentasan kemiskinan yang dilakukan pemerintah melalui APBN.
  2. Pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), rincian pos-pos apa yang termasuk dalam PENDAPATAN NEGARA DAN HIBAH?
  3. Dari Laporan Tahunan 2007 oleh Bank Indonesia (Laporan Perekonomian Indonesia 2007), “Bab 8 tentang Keuangan Pemerintah” (Dapat di akses di www.bi.go.id), disebutkan bahwa implementasi (pelaksanaan) APBN tahun 2007 dihadapkan pada berbagai tantangan yang bersumber baik dari lingkungan eksternal maupun permasalahan internal. Sebutkan tantangan dari sisi eksternal (luar negeri) yang dimaksud.

BAB: KEBIJAKAN MONETER
DARI 3 SOAL
DI BAWAH INI, KERJAKAN 1 SAJA YANG PALING MUDAH MENURUT SAUDARA:

  1. Jelaskan pengertian kebijakan moneter, dan sebutkan 2 instrumen saja yang digunakan pemerintah dalam melaksanakan kebijakan moneter.
  2. Jelaskan apa yang dimaksud dengan inflation targeting oleh Bank Indonesia.
  3. Dari Laporan Tahunan 2007 oleh Bank Indonesia (Laporan Perekonomian Indonesia 2007), “Bab 6 tentang Perkembangan Moneter” (Dapat di akses di www.bi.go.id), disebutkan bahwa pada tahun 2007, kebijakan moneter menghadapi tantangan dari kuatnya dampak gejolak perekonomian global dan ekses likuiditas di pasar uang domestik. Apakah gejolak perekonomian global yang dimaksud?

BAB: INDONESIA DAN PEREKONOMIAN DUNIA
DARI 3 SOAL
DI BAWAH INI, KERJAKAN 1 SAJA YANG PALING MUDAH MENURUT SAUDARA:

  1. Jelaskan pengertian transaksi berjalan (current account) dan transaksi modal (capital account) dalam neraca pembayaran Indonesia.
  2. Dari statistik perkembangan ekspor dan impor Indonesia Desember 2007 (Januari-Desember 2007). Golongan barang non migas apa, yang paling banyak kita ekspor? Golongan barang non migas apa, yang paling banyak kita impor? Ke negara mana, Indonesia paling banyak mengkespor barang?dan, Dari negara mana, Indonesia paling banyak mengkespor barang?
  3. Dari Laporan Tahunan 2007 oleh Bank Indonesia (Laporan Perekonomian Indonesia 2007), “Bab 11 tentang Perekonomian Dunia dan Kerja Sama Internasional” (Dapat di akses di www.bi.go.id), mengapa perkembangan ekonomi negara CHINA perlu disimak?

Tidak ada komentar:

Population Growth and Economic Development

Human Population Through Time